Sabtu, 16 Januari 2010

KomPter DNA adalah,,,,,,,,,,,,,

Awal mulai adanya komputer DNA ini berasal dari ketidaksengajaan seorang ilmuwan komputer yang bernama Leonard M. Adleman, yang suatu malam sedang membaca-baca buku biologi yang ditulis oleh James Watson, ahli biologi, Molecular Biology of the Gene. Setelah ia membaca buku tersebut ia menyadari sesuatu bahwa sel hidup yang ada pada diri manusia mengolah dan menyimpan informasi dengan proses yang sangat sama dengan proses yang dilakukan oleh komputer.
Adleman mulai melakukan penelitiannya karena ia penasaran dengan cara kerja DNA yang ada di dalam manusia yang melakukan penyimpanan dan proses pengolahan informasi yang sama dengan komputer. Ia mengansumsikan bahwa komputer biasa menggunakan data biner ( 0 dan 1 ) untuk menyimpan dan melakukan perhitungan/mengolah informasi, sedangkan DNA dalam menyimpan dan mengolah informasi menggunakan molekul-molekul yang diberi kode huruf A, C, T, dan G. A merupakan inisial untuk Adenine, C untuk Cytosine, T untuk Thymine, dan G untuk Guanine. Adenine hanya bisa berpasangan dengan Thymine, Guanine hanya bisa berpasangan dengan Cytosine. Ini berarti bahwa jika ada satu rantai DNA yang memiliki kode AACTAGGTC maka pasangannya pasti TTGATCCAG.
Dan hasil dari penelitannya itu adalah DNA cocok untuk mengerjakan komputer. Adleman berhasil membuktikan bahwa ternyata DNA bisa berhitung. Ia menggunakan masalah perhitungan matematika yang dikenal sebagai Travelling Salesman Problem (TSP), yaitu masalah klasik yang mencoba mencari rute terpendek yang bisa dilalui seorang alesman yang ingin mengunjungi beberapa kota tanpa harus mendatangi kota yang sama lebih dari satu kali.
Salah satu rahasia dari keunggulan komputer DNA dibandingkan dengan komputer biasa adalah dalam DNA enzim-enzim yang ada bekerja secara paralel sedangkan komputer biasa bekerja secara linear (berurutan). Untuk komputer biasa akan sangat kerepoptan dan akan sangat membutuhkan waktu yang lama dalam membaca, mengolah, serta menyimpan data. Sedangkan untuk komputer DNA semua proses/kegiatan dilakukan secara parale(bersama-sama) sehingga hanya memerlukan waktu yang sangat sebentar.

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Doocu.Com - Free PDF Upload and Share